Kamis, Juli 18, 2013
0


Daihatsu Ayla

Peraturan Menteri Perindustrian mengenai program mobil murah LCGC yang dinanti-natikan oleh para produsen mobil di Indonesia saat ini telah resmi dirilis. Sejalan dengan hal tersebut, wajah-wajah mobil murah yang sedianya bakal ikut dalam pertarungan pun mulai terungkap. Teranyar, pabrikan mobil Nissan resmi meluncurkan kembali merek mobil legendaris mereka Datsun, dengan sebuah hatchback Datsun GO. Meskipun peluncuran perdana merek Datsun dilakukan di India dan model perdana yang diperkenalkan pun khusus untuk pasar India, namun pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) memastikan bahwa Datsun adalah jagoan mereka untuk menghadapi LCGC.

Dengan demikian setidaknya telah ada tiga mobil LCGC yang wujudnya sudah dapat disaksikan, Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Datsun (model yang akan hadir di Indonesia berbeda dengan Datsun Go). 

Datsun GO

Adapun pabrikan mobil Honda dan Suzuki hingga saat ini masih belum memastikan mobil apa yang akan mereka luncurkan. Meskipun pada beberapa kesempatan kedua pabrikan tersebut sempat kedapatan tengah mendaftarkan dan mengetes mobil-mobil yang diperkirakan bakal maju di lcgc. Honda kedapatan tengah mendaftarkan mobil Brio Satya berkapasitas 1.200 cc di Kemenperin sedangkan Suzuki kedapatan memajang dan melakukan pengetesan terhadap mobil konsep berlabel G-II yang dipercaya sebagai Wagon R.

Mengenai petunjuk teknis LCGC, setidaknya ada 4 syarat yang harus dipenuhi oleh tiap-tiap pabrikan mobil (ATPM) jika ingin mendapatkan insentif / fasilitas penghapusan pajak penjualan barang mewah (PPn BM) untuk mobil-mobil LCGC yang diproduksi. Diantaranya, model dan logo yang digunakan harus mencerminkan nilai ke-Indonesia-an, komponen lain harus berasal dari pasokan local dan uji konsumsi bahan bakar harus sesuai dengan yang ditentukan. 


0 komentar:

Posting Komentar

Baca Juga