Rabu, September 18, 2013
0
mobil murah datsun go+

Kemarin (17/09/2013), pabrikan mobil asal Jepang, Nissan, resmi meluncurkan kembali merek mobil Datsun di Indonesia. Dalam acara peluncuran tersebut, Datsun menghadirkan dua model mobil sekaligus, yaitu model city car Datsun GO dan model MPV Datsun GO+. Kedua mobil tersebut bakal memulai langkah mereka melalui program mobil murah LCGC yang digagas oleh pemerintah RI dan akan segera dijual pada awal tahun 2014 mendatang.

Sebelumnya, tiga pabrikan mobil lain yang kesemuanya berasal dari Jepang, yaitu Daihatsu, Toyota dan Honda juga meluncurkan mobil-mobil jagoan mereka yang akan dijual pada segmen LCGC, ketiganya adalah Daihatsu Ayla, Toyota Agya dan Honda Brio Satya.

Datsun bukanlah peserta terakhir yang ikut dalam program LCGC, namun masih ada beberapa pabrikan lain yang juga sudah menyatakan untuk turut serta, seperti Suzuki dan Mitsubishi serta dua pabrikan mobil asal China, Geely dan Chery. Sementara pabrikan mobil asal India yang baru menapakkan kakinya di Indonesia, Tata Motors menyatakan masih pikir-pikir.

Program LCGC memang memiliki daya magnet tersendiri sehingga mampu menarik setiap pabrikan mobil untuk turut serta didalamnya. Selain peluang pasar yang terbuka lebar, melalui program ini pun tiap-tiap pabrikan dapat menjual produk-produk mereka dengan harga yang relatif murah. Hal tersebut dimungkinkan karena setiap kendaraan yang lolos ketentuan dan masuk LCGC dipastikan bebas pajak penjualan barang mewah alias PPnBM.

Sebagaimana tertera dalam PP No 41 tahun 2013 yang mengatur tentang mobil murah (low cost & green car / LCGC) di Indonesia khususnya Pasal 3 ayat (1) c yang menyebutkan bahwa untuk kendaraan bermotor yang termasuk program mobil hemat energi dan harga terjangkau, selain sedan atau station wagon dikenakan pajak sebesar 0% (nol persen) dari harga jual.

Wah jika seluruh produsen mobil yang ada di Indonesia turut serta pasti ramai dan pilihan pun semakin bervariasi. Btw pabrikan mobil nasional (mobnas) ikutan ngga ya?

0 komentar:

Posting Komentar

Baca Juga