Rabu, Oktober 23, 2013
0
mobil murah lcgc

Pilihan mobil murah LCGC atau Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) yang resmi dijual dalam waktu dekat sepertinya bakal bertambah. Daihatsu Ayla dan Toyota Agya yang sebelumnya melaju mulus bakal segera disenggol oleh kompetitor pertama mereka yaitu Honda Brio Satya yang saat ini telah mengantungi sertifikasi LCGC dan siap untuk diproduksi serta dipasarkan. Kemudian, setelah Brio Satya, pabrikan mobil Suzuki pun dikabarkan hampir mendapatkan sertifikasi yang sama untuk dapat segera menjual mobil murahnya, Karimun Wagon R.   

Ditawarkan pada kisaran harga yang tidak jauh berbeda dengan Ayla / Agya kehadiran Satya dan Wagon R sepertinya bakal menjadi alternatif yang cukup menarik bagi Anda yang ingin membeli mobil-mobil mungil bebas pajak ini. Berikut sedikit pemaparan mengenai keempatnya dan semoga dapat menjadi acuan Anda sebelum menentukan pilihan dan membelinya.  


Sebagai mobil LCGC pertama yang resmi dijual, agya ditawarkan para rentang harga yang sangat mengoda yaitu Rp.76 juta hingga Rp.107 juta. 

Mobil yang dibekali oleh mesin terbaru (1KR-DE) 1.000 cc, 3 silinder, 12 katup (valve) dengan sistem pasokan bahan bakar injeksi elektronik (Electronic Fuel Injection) ini hadir dalam tipe D, D+, M dan X. 

Untuk Ayla dengan harga paling murah belum dilengkapi dengan fitur-fitur seperti AC, audio 1DIN CD, MP3 2 unit speaker, dan safety belt di bangku belakang. Fitur-fitur tersebut hanya terdapat untuk varian D plus sampai X. Adapun untuk transmisi tersedia dalam pilihan manual dan otomatis.


Sebagaimana Ayla, Agya pun dibekeli oleh mesin yang serupa yaitu tipe 1KR-DE 1.000 cc, 3 silinder, 12 katup (valve) dengan sistem pasokan bahan bakar injeksi elektronik (Electronic Fuel Injection).

Agya hadir dalam tipe E, G dan TRD S dengan pilihan transmisi manual dan otomatis dan ditawarkan pada rentang harga Rp.99 juta hingga Rp.120,75 juta.

Dibandrol pada harga yang lebih tinggi dari kembarannya, seluruh tipe Agya sudah mengaplikasi air conditioner, power window berfitur auto down (sisi pengemudi) serta central door lock.


Pesaing duo Astra yang bakal segera dipasarkan dalam waktu dekat ini dibekali dengan mesin terbesar dikelasnya yang berkapasitas 1.200 cc, 4 silinder, SOHC dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 PS dengan torsi 11,1 Kg.m pada putaran 4.500 rpm. Hadir dalam tipe A, S dan E, semuanya ditawarkan dalam transmisi manual 5 speed.

Harga untuk mobil bakal hadir dalam pilihan warna Taffeta White, Alabaster Silver Metalli dan Crystal ini yaitu Rp. 106 juta (A), Rp. 111 juta (S), Rp. 117 juta (E).

Sebagaimana produk mobil Honda yang lain, Satya dibangun diatas rangka bodi G-CON yang dapat meredam benturan ketika terjadi tabrakan. Untuk factor keselamatan, fitur dual SRS Airbags, pretensioner seatbelt dengan load limiter telah menjadi perangkat dasar. Selain itu Satya juga telah dilengkapi dengan fitur immobilizer. 


Berbeda dengan para pesaingnya yang berjenis hatchback, mobil murah Suzuki Karimun Wagon R mengusung model boxy yang terkesan kaku. Namun, menurut Suzuki justru disanalah kelebihan jagoannya tersebut. Karena dengan model tersebut, Wagon R dipastikan lebih spacious disbanding mobil murah lainnya.

Karimun Wagon R dibekali dengan mesin anyar tipe K10B, DOHC, 1.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 67 PS dan torsi 90 Nm.  Hadir dalam 3 varian yaitu GA, GL dan GX, mobil yang telah dilengkapi dengan fitur hiburan head unit 2Din ini di jual pada harga Rp. 77 juta (GA), Rp. 89,9 juta (GL) dan Rp. 99,9 (GX). 

So, mau beli sekarang atau tunggu nanti?

Baca Juga